PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL MATERI LOGIKA DAN ALGORITMA UNTUK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

Anasikhatussalafi, - (2018) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL MATERI LOGIKA DAN ALGORITMA UNTUK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_14520244011_ANASIKHATUSSALAFI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti ketika melakukan PLT di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, masalah yang peneliti temukan diantaranya kurangnya sumber belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital serta belum adanya media pembelajaran e-modul interaktif pada mata pelajaran Simulasi Digital yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa. Tujuan penelitian dalam pembuatan E-Modul ini yaitu mengembangkan media pembelajaran untuk dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa serta menguji kelayakan dari e-modul. Model pengembangan untuk e-modul interaktif yang peneliti kembangkan akan dikembangkan menggunakan model pengembangan APPED (Analisis dan Penelitian Awal, Perancangan, Produksi, Evaluasi, dan Diseminasi). Model pengembangan APPED adalah model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang diinspirasi akan kebutuhan penelitian jenis R&D dimana pada tahap awal diperlukan upaya penelitian sebagai bagian dari penelitian dan pengembangan. Proses perancangan menggunakan Adobe Photoshop CC, dan proses produksi menggunakan Adobe Flash CC. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan objek penelitiannya di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Pengujian dilakukan menggunakan dua tahap yaitu pengujian media menggunakan langkah evaluasi pada APPED dan pengujian perangkat lunak menggunakan standar ISO 25010 pada karakteristik functional suitability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul interaktif Simulasi Digital untuk kelas X SMK Muhammadiyyah 1 Bambanglipuro telah memenuhi kriteria aspek isi, instruksionalitas, dan tampilan. Hasil yang diperoleh setelah melakukan pengujian kepada ahli materi adalah 88%, hasil yang diperoleh pengujian kepada ahli media adalah 87%, hasil yang diperoleh pengujian kepada pengguna adalah 84%, serta hasil yang diperoleh pada pengujian functional suitability adalah 100%, sehingga aplikasi e-modul interaktif dikatakan sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-modul , interaktif, sumber belajar, Simulasi Digital, APPED.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60041

Actions (login required)

View Item View Item