PENERAPAN MODEL BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MAARIF 1 PIYUNGAN

Arifin, Syamsul (2018) PENERAPAN MODEL BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MAARIF 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan ini adalah : Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual teaching and learning pada mata pelajaran Menggunakan Alat Ukur siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Maarif I Piyungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran Contextual teaching and learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR A di SMK Maarif 1 Piyungan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 16 siswa. Sedangkan objek yang diamati adalah hasil belajar siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistik tendensi central. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur pada setiap siklus di kelas X TKR A. Hal tersebut dapat dilihat pada Pre Test jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 12.5%, sedangkan pada siklus I adalah 31.25%, dan pada siklus II adalah 81.28%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Sukaswanto, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Contextual teaching and learning dan hasil belajar siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60035

Actions (login required)

View Item View Item