PENGEMBANGAN E-MODUL ADOBE PREMIERE SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN SINEMATOGRAFI KELAS XI MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

Fetriani, Asriyah (2018) PENGEMBANGAN E-MODUL ADOBE PREMIERE SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN SINEMATOGRAFI KELAS XI MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Asriyah Fetriani-14520241035.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat e-modul dan menguji kelayakan dari modul elektronik materi Adobe Premiere yang digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran sinematografi kelas XI multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari (1) analysis,(2) design,(3) development,(4) implementation dan, (5) evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah 1 dosen dan 1 guru ahli materi, 2 dosen ahli media dan siswa kelas XI multimedia SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Objek dari penelitian ini adalah modul elektronik pembelajaran Adobe Premiere Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan berupa lembar penilaian oleh ahli media, ahli materi dan respon siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman terhadap penggunaan modul elektronik. Penelitian pengembangan mengasilkan E-modul Adobe Premiere sebagai bahan ajar mata pelajaran sinematografi kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Hasil panilaian kelayakan dari e-modul menurut ahli materi yang mencakup aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, kemanfaatan memperoleh skor rata-rata 81,55% dengan kategori Sangat Layak, dari segi kelayakan media yang dinilai oleh ahli media yang mecakup aspek tampilan e-modul, kemudahan penggunaan, konsistensi dan kegrafikan mendapat skor rata-rata 91,74% dengan kategori Sangat Layak, dan berdasarkan hasil uji coba di kelas XI MM 1 di SMK Muhammadiyah 1 sleman yang mencakup aspek tampilan E-Modul, penyajian materi, kebahasaan, kemanfaatan dan kegrafikan mendapat skor rata-rata 83,81%yang termasuk kedalam kategori baik. Jadi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan uji coba terhadap siswa didapat hasil kelayakan dari emodul adalah Sangat Layak sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar sinematografi kelas XI multimedia di SMK Muhammadiyah 1 sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, modul elektronik, kelayakan, Adobe Premiere
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:04
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60033

Actions (login required)

View Item View Item