Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Budaya Lokal Serukam untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP

Sasmitatias, Frastika (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Budaya Lokal Serukam untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-frastika-sasmitatias-16708251006.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajran IPA berbasis budaya lokal Serukam yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan sikap peduli lingkungan siswa. Pembelajaran berbasis budaya lokal ini terdiri dari 5 tahap yaitu (1) persiapan dan motivasi, (2) orientasi siswa pada masalah, (3) mengorganisasi siswa dalam belajara, (4) membimbing dan menidentifikasi masalah, (5) evaluasi dan refleksi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari RPP, LKPD, dan alat evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Samalantan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, tes kamempuan analisis, lembar observasi peduli lingkungan, dan angket sikap peduli lingkungan siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes kemampuan analisis dalam bentuk soal uraian, observasi peduli lingkungan, dan angket peduli lingkungan siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajra IPA berbasis budaya lokal Serukam yang ditinjau dari aspek isi, bahasa, penyajian praktis, dan efektif telah valid berdasarkan hasil penilaian oleh validator dan uji empirik yang telah dilakukan. Perangkat pembelajran yang dikembangkan tersebut efektif ditinjau dari kemampuan analisis dan sikap peduli lingkungan siswa. Hal ini ditunjukan masing-masingdari hasil tes kemampuan analisis siswa yang memperoleh nilai gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang, dan sikap peduli lingkungan memperoleh nilai gain sebesar 0,67 dengan kategori tinggi. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria valid, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan sikap peduli lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, kemampuan analisis, sikap peduli lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2018 07:16
Last Modified: 09 May 2019 09:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60029

Actions (login required)

View Item View Item