Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dan Berbasis Masalah dalam Membentuk Keterampilan Kewarganegaraan Melalui Mata Pelajaran PPKn di SMP

Nurmanita, Mutiara (2018) Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dan Berbasis Masalah dalam Membentuk Keterampilan Kewarganegaraan Melalui Mata Pelajaran PPKn di SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mutiara-nurmanita-16730251022.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan penggunaan model pembelajaran investigasi kelompok, (2) keefektifan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah, dan (3) model mana yang lebih efektif antara pembelajaran investigasi kelompok dan pembelajaran berbasis masalah untuk membentuk keterampilan kewarganegaraan melalui mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bantul. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu 2 kelompok eksperimen sebanyak 60 peserta didik dan 1 kelompok kontrol sebanyak 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan taraf signifikansi 0,05. Data analisis menggunakan uji independent t-test dan one way anova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran investigasi kelompok efektif dengan nilai sebesar 12,961 ≥ 1,672 untuk keterampilan intelektual, 7,451 ≥ 1,672 untuk keterampilan partisipasi, (2) model pembelajaran berbasis masalah efektif dengan nilai sebesar 9,518 ≥ 1,672 untuk keterampilan intelektual, 4,374 ≥ 1,672 untuk keterampilan partisipasi, dan (3) penggunaan model pembelajaran investigasi kelompok lebih efektif dibanding dengan pembelajaran berbasis masalah yaitu sebesar 100,211 ≥ 4,82 untuk keterampilan intelektual, 28,398 ≥ 4,82 untuk keterampilan partisipasi melalui mata pelajaran PPKn di SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: investigasi kelompok, pembelajaran berbasis masalah, keterampilan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:21
Last Modified: 09 May 2019 09:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60025

Actions (login required)

View Item View Item