Apihariswati, Apihariswati (2018) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi melalui Penerapan Problem-Based Learning di SMAN 1 Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.
|
Text
tesis-apihariswati-15727251004.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas XA di SMAN 1 Kalibawang melalui Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XA SMAN 1 Kalibawang yang berjumlah 24 siswa . Penelitian ini difokuskan pada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan 3 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan datanya checklist observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem-Based Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dari tahapan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator keberhasilan sebagai berikut: keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan sebesar 41,25%, dari 43,75% pada pra tindakan, menjadi 65,21% pada siklus 1, menjadi 74,58% pada siklus 2 dan menjadi 85% pada siklus 3; hasil tes menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang nilainya memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), dari hanya 3 siswa pada pra tindakan, menjadi 11 siswa pada siklus 1, menjadi 19 siswa pada siklus 2, menjadi 22 siswa pada siklus 3. Penggunaan PBL meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, keaktifan, hasil belajar. |
| Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 21 Sep 2018 01:37 |
| Last Modified: | 09 May 2019 09:02 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
