INSTRUMEN PENILAIAN AUTHENTIC ASSESSMENT TEKNIK DASAR (FOREHAND DAN BACKHAND) GROUNDSTROKES BAGI PETENIS JUNIOR KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Alauddin, Asyam (2021) INSTRUMEN PENILAIAN AUTHENTIC ASSESSMENT TEKNIK DASAR (FOREHAND DAN BACKHAND) GROUNDSTROKES BAGI PETENIS JUNIOR KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_asyam alauddin_17601244012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penilaian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian teknik dasar forehand dan backhand groundstrokes pada petenis junior Kabupaten Gunungkidul dikarenakan dasar forehand dan backhand groundstrokes sangat penting dalam permainan tennis lapangan. Desai penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan tahapan Research and Developmet (R&D) yang mengadopsi model 4-D instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian ahli materi, pelatih, dan atlet. Analisa data kualitatif berupa kritik, saran dan pendapat ahli materi, pelatih, serta atlet. Penilaian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian teknik dasar forehand dan backhand groundstrokes bagi petenis junior Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan metode 4-D terdiri dari define, design, development, dissemination dengan langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang didapat, (3) mengembangkan produk awal (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi,(6) finalisasi dan pembuatan produk intrumen penilaian. Subyek dalam penelitian ini adalah petenis junior Kabupaten Gunungkidul. Analisis data untuk uji validitas dilakukan dengn menggunakan CVR (content validity ratio) dan reliabilitas menggunakan Alpha Crobanch. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk instrumen penilaian teknik dasar forehand dan backhand groundstrokes untuk petenis junior yang berisi petunjuk, lembar tugas,pedoman penilaian, rubrik penilaian,serta tabel penilaian yang memiliki validitas yang tinggi dan reliabilitas yang tinggi forehand groundstroke sikap awal: r = 0,861 ,pelaksanaan r = 0,920 , dan sikap akhir 0,853. Backhand groundstroke sikap awal: r = 0,817, sikap pelaksanaan r = 0,871, dan sikap akhir r = 0,824.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Ngatman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tenis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Feb 2021 09:29
Last Modified: 03 Feb 2021 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60009

Actions (login required)

View Item View Item