PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) dan NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIC DI INDONESIA TAHUN 2011-2016

Setiono, Tri Joko (2018) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) dan NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIC DI INDONESIA TAHUN 2011-2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tri Joko Setiono_16812147029.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghimpun dana dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat dalam bentuk kredit serta jasa-jasa lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. Oleh karenanya penting bagi bank untuk menjaga kepercayaan masyarakat sebab kegiatan utamanya mengandalkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) , Net Interest Margin (NIM) terhadap Return On Asset (ROA) perusahaan perbankan go public di Indonesia periode 2011-2016. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan tipe penelitian ex post facto. Uji prasyarat analisis menggunakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan objek perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik Pengumpulan sampel diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 20 perusahaan yang menjadi sampel penelitian selama periode 2011-2016. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F statistik menyimpulkan bahwa CAR, LDR, dan NIM secara simultan berpengaruh terhadap ROA. Berdasarkan uji parsial (t) disimpulkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh terhadap ROA dan Net Interest Margin (NIM) Berpengaruh Positif terhadap Return On Asset (ROA).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR) Loan to Deposit Ratio (LDR) Net Interest Margin (NIM) Return On Asset (ROA)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Sep 2018 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 17:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60006

Actions (login required)

View Item View Item