Persepsi Siswa Teknik Elektronika Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Mata Pelajaran Produktif Jurusan Teknik Elektronika SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun 2008

Nugroho, Ardiyanto (2008) Persepsi Siswa Teknik Elektronika Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Mata Pelajaran Produktif Jurusan Teknik Elektronika SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun 2008. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ardiyanto_Nugroho_06502247002-2008.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa Jurusan Teknik Elektronika terhadap kompetensi mengajar guru mata pelajaran produktif Jurusan Teknik Elektronika SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun 2008. Persepsi siswa tersebut meliputi : persepsi pada aspek persiapan pembelajaran, persepsi pada aspek pelaksanaan pembelajaran dan persepsi pada aspek evaluasi pembelajaran terhadap guru mata pelajaran produktif di SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta pada tahun 2008. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa Jurusan Teknik Elektronika SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun 2008 yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas X, XI dan XII. Obyek penelitian ini guru mata pelajaran produktif Jurusan Teknik Elektronika SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta yang dilihat dari aspek persiapan pembelajaran, aspek pelaksanaan pembelajaran dan aspek evaluasi pembelajaran. Untuk menentukan jumlah populasi penelitian, peneliti menggunakan teknik proposional random sampling dari tabel Izaac-Michael dan didapatkan populasi sejumlah 340 siswa, maka sampelnya adalah 181 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif, sedangkan untuk mengidentifikasi kecenderungan didasarkan pada kriteria normal yang dikategorikan menjadi empat yaitu sangat tinggi, tinggi, rendah, sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi mengajar guru mata pelajaran produktif Jurusan Teknik Elektronika di SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun 2008 pada aspek persiapan pembelajaran kelas X : 45.2 % dalam kategori tinggi, kelas XI : 58.1 % dalam kategori rendah dan kelas XII : 46.3 % dalam kategori rendah. Untuk persepsi siswa pada aspek pelaksanaan pembelajaran kelas X : 48.8 % dalam kategori tinggi, kelas XI : 46.5 % dalam kategori tinggi dan kelas XII : 44.4 % dalam kategori tinggi dan untuk persepsi siswa pada aspek evaluasi pembelajaran kelas X : 45.2 % dalam kategori tinggi, kelas XI : 44.2 % dalam kategori tinggi dan kelas XII : 42.6 % dalam kategori tinggi dan rendah karena mempunyai nilai yang sama. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa persepsi siswa kelas XII dan XII dalam kategori rendah dan kelas X dalam kategori tinggi terhadap aspek persiapan pembelajaran. Untuk persepsi siswa kelas X, XI dan XII dalam kategori tinggi terhadap aspek pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan persepsi siswa kelas X, XI dalam kategori tinggi dan kelas XII dalam kategori tinggi dan rendah karena memiliki skor yang sama terhadap aspek pelaksanaan pembelajaran. Untuk itu guru mata pelajaran produktif Jurusan Teknik Elektronika SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta masih perlu meningkatkan kompetensinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:34
Last Modified: 29 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item