Pengembangan Aplikasi Kamus Bahasa Bima-Indonesia Input-Output Voice Text Berbasis Android Untuk Membantu Masyarakat Suku Mbojo.

Muslimin, Ikhwannul (2018) Pengembangan Aplikasi Kamus Bahasa Bima-Indonesia Input-Output Voice Text Berbasis Android Untuk Membantu Masyarakat Suku Mbojo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ikhwannul-muslimin-16707251011.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan aplikasi Kamus Bahasa Bima-Indonesia input-output voice text berbasis Android, 2) Menguji kelayakan Kamus Bahasa Bima-Indonesia input-output voice text berbasis Android, 3) Mengimplementasikan untuk mengetahui tanggapan masyarakat suku Mbojo kamus Bahasa Bima-Indonesia dalam lingkungan masyarakat suku Mbojo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dari model APPED yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analisis dan Penelitian awal, (2) Perancangan, (3) Produksi, (4) Evaluasi, dan (5) Desiminasi. Validasi produk dilakukan pada tahap alpha test yang melibatkan dua ahli media dan dua ahli materi dan tahap beta test dengan melibatkan 10 pengguna dari masyarakat suku Mbojo yang ditentukan secara acak serta uji untuk mengetahui tanggapan masyarakat suku Mbojo dengan melibatkan 20 pengguna dari masyarakat suku Mbojo yang ditentukan secara acak. Pengumpulan data menggunakan angket kelayakan untuk ahli media, angket kelayakan untuk ahli materi, angket kelayakan untuk uji beta dan angket tahap implementasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Penelitian ini (1) menghasilkan aplikasi kamus bahasa Bima-indonesia Input-Output Voice Text Berbasis Android yang keluarannya berupa ekstensi .apk yang dapat di unduh secara gratis pada play store, (2) Produk yang dihasilkan dinilai sangat layak hal tersebut berdasarkan penilaian ahli media dengan hasil validasi 4.3, penilaian oleh ahli materi dengan hasil validasi 4.3, berdasarkan uji beta oleh pengguna dengan hasil sebesar 4.5, (3) Produk aplikasi yang dihasilkan diimplementasikan pada lingkungan masyarakat suku Mbojo dengan hasil sebesar 4.9

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kamus, bahasa bima, voice text, android
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2018 01:07
Last Modified: 09 May 2019 09:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59981

Actions (login required)

View Item View Item