GENDER DIFFERENCES IN INDONESIAN ADVERTISING RESPONSES: AD ATTITUDE, PRODUCT ATTITUDE, AND PURCHASE INTENTION (Study on Youtube Advertisement in Indonesia)

Pertiwi, Denis Anggia (2018) GENDER DIFFERENCES IN INDONESIAN ADVERTISING RESPONSES: AD ATTITUDE, PRODUCT ATTITUDE, AND PURCHASE INTENTION (Study on Youtube Advertisement in Indonesia). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DenisAnggiaPertiwi_14808144015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan respon antara laki – laki dan perempuan di Indonesia terhadap iklan dengan menggunakan iklan Youtube sebagai stimulan. Respon terhadap iklan tersebut terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu sikap terhadap iklan (ad attitude), sikap terhadap produk (product attitude), dan niat beli (purchase intention). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah generasi milenial di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 158 orang responden yang terbagi atas 90 orang perempuan dan 68 orang laki – laki. Teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan sikap konsumen laki – laki dan perempuan terhadap iklan, dibuktikan oleh nilai signifikansi sikap terhadap iklan yang lebih kecil dari 0,05 (pada iklan Handphone Samsung yaitu sebesar 0,002 dan pada iklan Coklat Kitkat Greentea sebesar 0,003); (2) terdapat perbedaan sikap laki – laki dan perempuan terhadap produk, dibuktikan oleh nilai signifikansi sikap terhadap produk yang lebih kecil dari 0,05 (pada iklan Handphone Samsung yaitu sebesar 0,033 dan pada iklan Coklat Kitkat Greentea sebesar 0,034); dan (3) terdapat perbedaan niat laki – laki dan perempuan untuk membeli produk setelah melihat iklan, yang dibuktikan oleh nilai signifikansi niat beli yang lebih kecil dari 0,05 (pada iklan Handphone Samsung yaitu sebesar 0,014 dan pada iklan Coklat Kitkat Greentea sebesar 0,006).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Tony Wijaya, M.M. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Gender, Sikap terhadap Iklan, Sikap terhadap Produk, Niat beli, Iklan Youtube
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59973

Actions (login required)

View Item View Item