PENGEMBANGAN TRAINING KIT SENSOR DASAR PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMKN 2 PENGASIH

Sutaji, Sigit Imam (2018) PENGEMBANGAN TRAINING KIT SENSOR DASAR PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMKN 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13502241021_SIGIT IMAM SUTAJI_SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMKN 1 Nanggulan dan SMKN 2 Pengasih, training kit pada mata pelajaran sensor dan aktuator masih sangat terbatas. Oleh karena itu penulis bermaksud untuk mengembangkan training kit sensor dasar disertai modul panduannya. Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan training kit sensor dasar, mengetahui unjuk kerja dari training kit, dan menguji tingkat kelayakan training kit sensor dasar pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan tahapan yang meliputi : (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) validasi desain, (5) Revisi Desain, (6) Ujicoba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Ujicoba Pemakaian, dan (9) Revisi Produk. Obyek penelitiannya adalah training kit sensor dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuisioner (angket). Validasi training kit dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan ujicoba dilakukan di SMKN 2 Pengasih. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa hardware training kit sensor dasar dan modul panduannya. Hardware terbagi menjadi tiga blok yaitu input, processor, dan output. Blok input terdiri dari 5 input yaitu : (1) sensor light dependent resistor (sensor cahaya), (2) sensor passive infrared receiver (sensor gerak), (3) sensor ultrasonik (sensor jarak), (4) sensor suhu, (5) sensor kelembaban kanah. Blok processor terdiri dari mikrokontroler arduino uno. Blok output terdiri dari 4 output yaitu : (1) motor dc, (2) liquid crystal display 16x2, (3) light emiting diode, (5) motor servo. Hasil validasi materi dari penelittian ini memperoleh prosentase kelayakan 90%, hasil validasi media memperoleh prosentase kelayakan 89,98% dan ujicoba pemakaian memperoleh 83,82%. Sehingga prosentase kelayakannya sebesar 87,93% dengan kategori sangat layak. Sehingga training kit sensor dasar sangat layak digunakan sebagai training kit pada mata pelajaran sensor dan aktuator kompetensi keahlian teknik elektronika industri di SMKN 2 Pengasih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Training Kit, Sensor, Pengembangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:39
Last Modified: 30 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59958

Actions (login required)

View Item View Item