PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA 1 DI SMK N 1 GODEAN

Hastuti, Dena Nuki (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA 1 DI SMK N 1 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dena Nuki H_PTI (S1)_14520241010.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Grafis kelas X Multimedia 1 di SMK N 1 Godean melalui penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 semester genap tahun akademik 2017/2018 dengan jumlah 31 siswa. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya pada mata pelajaran Desain Grafis dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Multimedia 1. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 49.3% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 62.75%. Peningkatan keaktifan belajar siswa terdapat pada indikator memperhatikan penjelasan materi dari guru, memperhatikan penjelasan materi dari tutor sebaya, mendengarkan penjelasan materi dari guru, mendengarkan penjelasan materi dari tutor sebaya, mengajukan pertanyaan kepada teman, dapat mengemukakan pendapat ketika diskusi, dan membuat catatan materi sudah sebagian besar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar siswa perlu ditingkatkan lagi pada indikator berani menjawab pertanyaan dari guru, berani menjawab pertanyaan dari teman, dan menuliskan pertanyaan pada lembar pertanyaan, karena persentase yang diperoleh hanya sedikit dan belum mencapai 50% meskipun sudah memenuhi target yang ditentukan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditandai dengan meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus sebesar 51.61%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 61.3% dan menjadi 77.4% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotorik siswa pada pra siklus sebesar 64.51%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 77.4% dan menjadi 87% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PTK, Tutor Sebaya, keaktifan siswa, hasil belajar, Desain Grafis
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Sep 2018 00:39
Last Modified: 30 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59954

Actions (login required)

View Item View Item