PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT PADA LAPORAN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KUALITAS AUDITOR SEBAGAI MODERATING VARIABLE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 dan 2015)

Dewi, Wahyu Safarina (2018) PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT PADA LAPORAN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KUALITAS AUDITOR SEBAGAI MODERATING VARIABLE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 dan 2015). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Wahyu Safarina Dewi_13812141036.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Earnings management terhadap Nilai Perusahaan, (2) Pengaruh Earnings management terhadap Nilai Perusahaan dengan Komisaris Independen sebagai variabel moderasi, (3) Pengaruh Earnings management terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai variabel moderasi, dan (4) Pengaruh Earnings management terhadap Nilai Perusahaan dengan Kualitas Auditor sebagai variabel moderasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan literatur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 20140-2015 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 54 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sebagai sample penelitian. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dan Moderating Ratio Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Earnings management berpengaruh negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan. (2) Komisaris Independen merupakan variabel pemoderasi pengaruh Earnings Management terhadap Nilai Perusahaan, (3) Kepemilikan Manajerial merupakan variabel, dan (4) Kualitas Auditor bukan merupakan variabel pemoderasi pengaruh Earnings Management terhadap Nilai Perusahaan. Earnings management dapat diminimumkan dengan mekanisme pengawasan oleh Komisaris Independen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Earnings Management, Nilai Perusahaan, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kualitas Auditor
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:38
Last Modified: 30 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59947

Actions (login required)

View Item View Item