Dayana Zulfa, Alfatika (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI TAMAN KANAK KANAK (Studi Deskriptif Di TK Qatrunnada Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta). S1 thesis, PAUD.
Text
skripsi finish.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan kecakapan hidup pada anak usia 4-5 tahun di TK Qatrunnada Kasihan Bantul Yogyakarta. Implementasi yang dimaksud mengenai perencanaan, pelaksanaan pembelajaran kecakapan hidup, evaluasi atau penilaian, faktor penghambat, dan solusi untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak TK A, guru, dan kepala sekolah. Sedang teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan direduksi sesuai dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Guru membuat rencana pembelajaran pada saat rapat setiap awal tahun, 2) Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup dibiasakan pada 10 kegiatan, 3) Penilaian yang digunakan adalah catatan anekdot, skala capaian perkembangan, dan rapot, 4) Faktor penghambat adalah kurang koordinasi antara guru, terdapat anak inklusi, kurang adanya kerjasama dengan orang tua, 5) Solusi yang dilakukan adalah dengan dilakukan komunikasi antara orang tua dengan guru melalui buku daily record. Kata kunci: implementasi, kecakapan hidup, anak usia 4-5 tahun
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 03:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59931 |
Actions (login required)
View Item |