MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MONTASE DI KELOMPOK B3 TK KENCANA PUTRA PENGASIH KULON PROGO

Bintang Ayuk, Cahyaningrum (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MONTASE DI KELOMPOK B3 TK KENCANA PUTRA PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_BINTANG AYUK CAHYANINGRUM_14111244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak Kelompok B3 TK Kencana Putra Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini dilakukan karena keterampilan motorik halus Kelompok B3 TK Kencana Putra masih rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Pratindakan tidak ada anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang diteliti adalah 15 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan montase. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi kerapian, ketekunan, dan koordinasi mata tangan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 80% dari jumlah anak mencapai kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan montase melalui langkah-langkah yang diawali dengan anak diberi penjelasan mengenai cara membuat montase, anak malakukan kegiatan montase, dan pemberian reward berupa pujian. Jenis kertas yang berbeda dan gambar yang bermacam-macam mampu meningkatkan keterampilan motorik halus anak disetiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap indikator kemampuan motorik halus. Pada indikator kerapian mengalami peningkatan sebesar 27% dari Siklus I menjadi 82,09%. Pada indikator ketepatan mengalami peningkatan sebesar 22,5% dari Siklus I menjadi 77,92%. Pada indikator koordinasi mata dan tangan mengalami peningkatan sebesar 25,84% dari Siklus I menjadi 82,09%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan montase. Kata Kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan montase, anak kelompok B3

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59930

Actions (login required)

View Item View Item