STUDI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK KELOMPOK B GUGUS IV KECAMATAN GODEAN

Nur Lintang, Puspitasari (2018) STUDI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK KELOMPOK B GUGUS IV KECAMATAN GODEAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
TAS_Nur Lintang Puspitasari_14111241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak TK kelompok B gugus IV Kecamatan Godean. Hal ini dilatar belakangi pentingnya mengembangkan kemampuan membaca permulaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok B Gugus IV Kecamatan Godean. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 145 anak yang diambil secara acak dari 7 TK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi check list. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata membaca permulaan pada anak TK kelompok B gugus IV Kecamatan Godean sebesar 84,38 yang termasuk dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59927

Actions (login required)

View Item View Item