IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 TEMPEL DAN SMK YPKK 2 SLEMAN

PUTRA, BONYFASIUS ANGGADA (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 TEMPEL DAN SMK YPKK 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _Bonyfasius Anggada Putra_14803241075.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMKN 1 Tempel dan SMK YPKK 2 Sleman, yang ditunjukkan dengan (1) kemandirian, (2) Kemitraan, (3) Partisipasi, (4)Keterbukaan, (5) Akuntabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi guru dan tenaga kependidikan yang memenuhi kriteria pengalaman bekerja minimal tiga tahun, terdiri dari 54 responden di SMKN 1 Tempel dan 31 responden di SMK YPKK 2 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara sebagai data pendukung. Uji validitas instrumen menggunakan penilaian ahli. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemandirian di SMKN 1 Tempel dan SMK YPKK 2 Sleman dalam kategori sangat baik masing-masing 55,56% dan 58,06%. Perbedaannya SMKN 1 Tempel mayoritas sumber pendanaan dari pemerintah sedangkan SMK YPKK 2 Sleman mayoritas dari walimurid. Selain itu, tenaga pendidik di SMKN 1 Tempel, dilihat dari tingkat pendidikan dan sertifikat profesi, memiliki kualitas yang lebih baik. (2) Kemitraan di SMKN 1 Tempel dan SMK YPKK 2 Sleman dalam kategori sangat baik, masing-masing sebesar 75,93% dan 61,29%. Sekolah mampu menjalin kerjasama dengan warga sekolah, pemerintah, DUDI, komite, yayasan, dan masyarakat. (3) Partisipasi di SMKN 1 Tempel dan SMK YPKK 2 Sleman dalam kategori baik masing-masing 70,37% dan 70,97%. Perbedaannya adalah SMKN 1 Tempel memiliki kesempatan yang lebih banyak memperoleh pelatihan dari pemerintah dan kesadaran wali murid dalam kewajiban pembayaran biaya pendidikan lebih baik dibandingkan SMK YPKK 2 Sleman (4) Keterbukaan SMKN 1 Tempel dan SMK YPKK 2 Sleman dalam kategori baik masing masing sebesar 53,7% dan 61,29%. Keterbukaan disampaikan melalui rapat, papan informasi, dan website. Perbedaannya, website SMKN 1 Tempel lebih update dibandingkan dengan website SMK YPKK 2 Sleman. (5) Akuntabilitas SMKN 1 Tempel 62,93% kategori sangat baik dan SMK YPKK 2 Sleman 48,39% kategori baik. Sekolah menyampaikan pertanggungjawaban melalui rapat dengan warga sekolah, komite, wali murid, dan pemerintah. Perbedannya, SMK YPKK 2 Sleman juga menyampaikan pertanggungjawan kepada yayasan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemandiran, Kemitraan, Partisipasi, Keterbukaan, Akuntabilitas
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59925

Actions (login required)

View Item View Item