HUBUNGAN REWARD DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI GUGUS TERATAI UMBULHARJO YOGYAKARTA

Atikah, Bazdlina (2018) HUBUNGAN REWARD DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI GUGUS TERATAI UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_ATIKAH BAZDLINA_14111244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan reward dengan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di Gugus Teratai Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi yang telah dilakukan yaitu terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sehingga guru perlu memberikan reward pada anak. Reward digunakan guru sebagai suatu strategi untuk mengkatkan motivasi belajar anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 68 anak usia 5-6 tahun di Gugus Teratai Umbulharjo, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model korelasi product moment dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasl yang diperoleh yaitu terdapat hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,615 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,01. Hasil analisis data korelasi pada taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung sebesar 0,615 dan nilai rtabel sebesar 0,2387. Maka dapat dilihat bahwa rhitung > rtebel yaitu 0,615 > 0,2387 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif (signifikan) antara reward dengan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di Gugus Teratai Umbulharjo Yogyakarta. Kata kunci: reward , motivasi belajar, anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59924

Actions (login required)

View Item View Item