ANALISIS TINGKAT RISIKO TANAH LONGSOR BERDASARKAN NILAI PEAK GROUND ACCELERATION (PGA) DI DESA PURWOSARI KECAMATAN GIRIMULYO KABUPATEN KULON PROGO

Prakoso, Bagus Arif and Katriani, Laila (2018) ANALISIS TINGKAT RISIKO TANAH LONGSOR BERDASARKAN NILAI PEAK GROUND ACCELERATION (PGA) DI DESA PURWOSARI KECAMATAN GIRIMULYO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Bagus Arif Prakoso_14306141042.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang risiko tanah longsor berdasarkan nilai peak ground acceleration (PGA) menggunakan data mikrotremor di Desa Purwosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai frekuensi predominan, faktor amplifikasi, dan PGA. Selain itu juga untuk mengetahui potensi tanah longsor berdasarkan nilai PGA dan kemiringan lereng di Desa Purwosari. Data mikrotremor diambil di 35 titik pengukuran dengan jarak antar titik 1 km. Data mikrotremor dianalisis menggunakan metode HVSR (Horizontal to Vertical Spectral Ratio) untuk memperoleh nilai frekuensi predominan dan faktor amplifikasi. Data hasil pengolahan mikrotremor digunakan untuk menghitung nilai PGA menggunakan metode Kanai. Nilai PGA dan kemiringan lereng digunakan untuk membuat peta zonasi rawan tanah longsor di Desa Purwosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai frekuensi predominan di Desa Purwosari berada pada kisaran 0,61 – 18,57 Hz, nilai faktor amplifikasi berada pada kisaran 2,66 – 19,11, dan nilai PGA berada pada kisaran 32 – 185 cm/s2. Potensi tanah longsor di Desa Purwosari berdasarkan nilai PGA dan kemiringan lereng terbagi menjadi 3 zona yaitu zona risiko rendah, zona risiko sedang, dan zona risiko tinggi. Berdasarkan kejadian tanah longsor di Desa Purwosari dari tahun 2017 sampai tahun 2018, zona risiko tinggi mempunyai kejadian tanah longsor paling banyak, yaitu 25 kejadian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peak Ground Acceleration, mikrotremor, lereng
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:44
Last Modified: 30 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59920

Actions (login required)

View Item View Item