PENGARUH KEBERMANFAATAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN INTERNET BANKING (Studi Kasus pada Pelaku Usaha di Plaza Universitas Negeri Yogyakarta)

Wulandari, Catharina Octaviani (2018) PENGARUH KEBERMANFAATAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN INTERNET BANKING (Studi Kasus pada Pelaku Usaha di Plaza Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_CATHARINA OCTAVIANI WULANDARI_13812141051.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kebermanfaatan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY, (2) pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY, (3) pengaruh Persepsi Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY dan (4) pengaruh Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko secara bersama-sama terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha di Plaza UNY yang menjual barang dan jasa sejumlah 45 pelaku usaha. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji validitas instumen menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Kebermanfaatan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,413 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050) (2) Terdapat pengaruh positif Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,685 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050) (3) Terdapat pengaruh negatif Persepsi Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,800 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050) (4) Terdapat pengaruh positif Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Persepsi risiko secara bersama-sama terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,543 atau 54,3% yang berarti bahwa Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking pada Pelaku Usaha di Plaza UNY dapat dijelaskan oleh variabel Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko adalah sebesar 54,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko dan Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59902

Actions (login required)

View Item View Item