PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DAN ORIENTASI ETIS TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI CREATIVE ACCOUNTING

Dhamayanti, May Diana (2018) PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DAN ORIENTASI ETIS TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI CREATIVE ACCOUNTING. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MAY DIANA DHAMAYANTI_13812144013.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Pengetahuan Etika Profesi Akuntan terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting dan (2) Orientasi Etis terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 248 mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 86 Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang sudah menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1, Akuntansi Keuangan Menengah 2, Pengauditan 1, Pengauditan 2, dan Etika Bisnis. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Sederhana untuk hipotesis pertama dan One Way ANOVA dengan menggunakan General Linier Model untuk hipotesis kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting, ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,005 serta koefisien sebesar 0,317 dan (2) Terdapat pengaruh Orientasi Etis terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting, ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,005.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting, Pengetahuan Etika Profesi Akuntan, Orientasi Etis, Idealisme, Relativisme.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:30
Last Modified: 30 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59901

Actions (login required)

View Item View Item