PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD N WONOSARI 4

Arintaka, Sulistya Ismu (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD N WONOSARI 4. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Sulistya Ismu Arintaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Wonosari 4 tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 2 siklus dengan dengan urutan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, kemudian data tes dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkannya metode mind mapping dalam pembelajaran IPS dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi, dapat meningkatkan pemahaman siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan adalah 63,5 dengan persentase kelulusan siswa sebesar 40%. Kemudian pada siklus I setelah diberikan tindakan dengan metode mind mapping terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 69 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 70%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 75,25 dengan persentase ketuntasan siswa sebsar 80%. Kata Kunci :pemahaman konsep, metode mind mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59891

Actions (login required)

View Item View Item