PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI I KRETEK

Latifah, Saras Septy (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI I KRETEK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Saras Septy Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui adanya pengaruh positif metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Kretek. (2) Mengetahui adanya pengaruh positif metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Kretek. (3) Mengetahui perbedaan pengaruh antara kelas yang diajarkan dengan metode demonstrasi dan kelas yang diajarkan dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi experimental. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B di SDN 1 Kretek yang berjumlah 58 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis berupa uji paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Kretek. Ditunjukkan dari hasil uji paired sample t-test dengan nilai sig. 0,000 dan nilai t hitung 6,924. (2) Terdapat pengaruh positif metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Kretek. Ditunjukkan dari hasil uji paired sample t-test dengan nilai sig. 0,000 dan nilai t hitung 6,335. (3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh positif antara kelas yang diajarkan dengan metode demonstrasi dan kelas yang diajarkan dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Kretek. Ditunjukkan dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai sign. 0,615. Hal ini dapat terjadi karena metode demonstrasi dan eksperimen memiliki kelemahan dan kelebihan dalam menyampaikan materi IPA dan dalam materi listrik statis dan dinamis, kedua metode memiliki pengaruh hampir sama. Kata Kunci : metode demonstrasi, metode eksperimen, hasil belajar, IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:00
Last Modified: 30 Jan 2019 17:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59889

Actions (login required)

View Item View Item