Pengembangan SSP Fisika Model Guided Inquiry Berbantuan E-LearningUntuk Meningkatkan Literasi SainsDan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Sastradika, Dedi (2018) Pengembangan SSP Fisika Model Guided Inquiry Berbantuan E-LearningUntuk Meningkatkan Literasi SainsDan Berpikir Kreatif Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dedi-sastradika-16726251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangakan SSP fisika model pembelajaran Guided Inquiryberbantuan e-learningyang layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan penilaian ahli; (2) mengetahuikeefektifan SSP fisika model Guided Inquiryberbantuan e-learninguntukmeningkatkanliterasi sainsdan berpikir kreatifpeserta didikSMA kelas X; Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Uji coba Luas produk SSP yang dikembangakan menggunakan Penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 96peserta didik dari tiga kelas X IPASMAN4 Kerinci. Data dikumpulkan dengan metode observasi, pengisian angket, dan pemberian test. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran, tes literasi sains,angket literasi sains aspek afektifdan tes berpikir kreatif. Data dianalisis dengan uji manovadenganmenggunakantaraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkanbahwa (1) SSP fisika model Guided Inquiry berbantuan e-learninglayak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains, motivasi dan kepercayaan terhadapa sainsdan berpikir kreatifberdasarkan penilaianahli terhadapapsilabus, RPP, LKPD, dan lembar penilaian peserta didik, (2) SSP fisika model Guided Inquiry berbantuan e-learning efektif untuk meningkatakan kemampuan literasi sains, motivasi dan hasil uji anava mixed design dengannilai sig. yang kurang dari 0,05 dan skor effect size0,847

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: subject specific pedagogy, Guided Inquiry,e-learning,literasi sains, berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:46
Last Modified: 21 Nov 2023 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59883

Actions (login required)

View Item View Item