Dewi, Erlinda Rahma (2018) Perbandingan Efektivitas Problem-Based Learning (PBL) dan Case-Based Learning pada Pembelajaran Matematika SMP Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematika, dan Sikap Matematis Siswa. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-erlinda-rahma-dewi-16709251006.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan problem-based learning dan case-based learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematika, dan sikap matematis siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan efektivitas pendekatan problem-based learning dan case-based learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematika, dan sikap matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Playen tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil secara acak dari empat kelas yang ada, terpilih dua kelas yaitu VIII A dan VIII B. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan pendekatan problem-based learning. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan pendekatan Case-Based Learning . Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 15 butir soal, tes kemampuan koneksi matematika berupa soal essay yang terdiri dari 3 butir soal, dan angket sikap matematis siswa berupa pernyataan sebanyak 24 butir. Instrumen tes diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan dua cara yaitu: 1) uji one sample t-test untuk menguji keefektifan problem-based learning dan Case-Based Learning , dan 2) uji Multivariate Analysis of Variance (Manova) untuk menyelidiki perbedaan efektivitas antara pendekatan problem-based learning dan Case-Based Learning . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan problem-based learning efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematika, dan sikap matematis siswa. Hasil penelitian yang lain yaitu pendekatan Case-Based Learning efektif ditinjau prestasi belajar, kemampuan koneksi matematika, dan sikap matematis siswa. Mengenai perbandingan efektivitas, hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan keefektifan antara pendekatan problem-based learning dan Case-Based Learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematika, dan sikap matematis siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem-based learning, Case-Based Learning , prestasi belajar, kemampuan koneksi matematika, sikap matematis siswa. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 07:21 |
Last Modified: | 09 May 2019 09:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |