Pengembangan Multimedia Pembelajaran PPKn Materi Norma dan Keadilan untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Manggo, Thirto Syahputra (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran PPKn Materi Norma dan Keadilan untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kotamobagu, Sulawesi Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
thirto-syahputra-manggo-16707251016.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menghasilkan multimedia pembelajaran PPKn materi norma dan keadilan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kotamobagu, Sulawesi Utara, 2) mengungkapkan tingkat kelayakan produk yang dikembangkan, dan 3) mengungkapkan efektivitas produk yang dikembangkan berdasarkan capaian hasil belajar kognitif siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Alessi and Trollip yang terdiri atas: 1) perencanaan, 2) desain, dan 3) pengembangan. Pengujian produk terdiri atas uji alfa dan uji beta untuk mengetahui tingkat kelayakan produk, dan uji efektivitas untuk mengetahui tingkat keefektivitasan produk pada capaian hasil belajar kognitif siswa. Uji alfa produk melibatkan dua ahli media dan dua ahli materi. Uji beta produk melibatkan seorang guru dan lima siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kotamobagu. Uji efektivitas melibatkan 20 siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kotamobagu. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk aplikasi multimedia pembelajaran berformat .swf yang dikemas dalam Compact Disc (CD) dan dilengkapi dengan buku petunjuk yang dapat digunakan pengguna. Hasil pengujian produk pada uji alfa menilai multimedia ini dalam kategori sangat layak dengan rerata skor 3,50 oleh ahli media, dan 3,53 oleh ahli materi. Hasil uji beta juga menilai multimedia ini dalam kategori sangat layak dengan rerata skor 3,89. Multimedia ini juga terbukti efektif untuk meningkatkan hasil capaian belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kotamobagu dengan gain score 0,739 yang termasuk dalam kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, ppkn, norma, keadilan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:09
Last Modified: 09 May 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59874

Actions (login required)

View Item View Item