IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING DI SAAT PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SE-GUGUS KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO

Yunianto, Irwan (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING DI SAAT PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SE-GUGUS KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
fulltext_irwan yunianto_17604224057.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada masa pandemi COVID-19 di SD Negeri se-Gugus, Kecamatan Pengsih, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot case study menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel dalam Peneltian ini yaitu seluruh guru PJOK SD Negeri se-Gugus, Kecamatan Pengasih, berjumlah 16 guru, instrumen dalam penelitian ini berupa kuisioner online menggunakan google form yang berisi 10 pertanyaan dengan mengambil intrument dari skripsi Angga Narendra Putra dan telah di validasi oleh bapak Aris Fajar Pambudi, S.Pd., M.Or. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini 100% guru tetap memberikan pembelajaran PJOK, 56.3% guru menggunakan metode pembelajaran daring, 11.8% pembelajaran PJOK sesuai dengan RPP dan 23.5% sesuai RPP namun tidak runtut, 88,2% menggunakan media pembelajaran whatsapp group, 17,6% peserta didik antusias dan berpartisipasi baik dalam pembelajaran, 58,8% guru bekerjasama dengan orang tua peserta didik agar proses pembelajaran PJOK tetap berlangsung, 76.5% guru mengatakan dalam implementasinya hanya sebagian pembelajaran yang sesuai RPP, 88.2% penilaian berdasarkan pengumpulan tugas dan ujian, 76.5% guru mengatakan penilaian pada pembelajaran daring tidak efektif, dan 41.2% kendala dalam pembelajaran PJOK daring yaitu kesulitan mengakses internet.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PJOK, pembelajaran daring, Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:27
Last Modified: 25 Oct 2021 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59867

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item