Kesiapan Guru Matematika SMA Di Kota Jambi Melaksanakan Kurikulum 2013.

Syafutera, Harry (2018) Kesiapan Guru Matematika SMA Di Kota Jambi Melaksanakan Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-harry-syafutera-13709251056.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hasil dari sosialisasi dan pelatihan kurikulum 2013, pemahaman guru terkait kompetensi, kemampuan guru dalam menyusun RPP, proses pembelajaran di kelas, dan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus. Unit analisis pada penelitian ini adalah guru matematika SMA yang melaksanakan kurikulum 2013, yaitu: SMAN 1 Kota Jambi, SMAN 2 Kota Jambi, SMAN 3 Kota Jambi, SMAN 4 Kota Jambi, SMAN 5 Kota Jambi, SMAN 11 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: daftar pertanyaan, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Keabsahan data ditinjau dari derajat kepercayaan, kebergantungan, dan kepastian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, pengecekan anggota, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari enam guru mendapatkan sosialisasi dan pelatihan kurikulum 2013 serta memahami kompetensi dasar yang harus dimiliki. Lima dari enam guru mampu merancang rencana pelaksanaan pembelajaran dan mampu melaksanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum2013. Lima dari enam guru tidak mampu melaksanakan penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sosialisasi dan pelatihan, kompetensi guru, rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, kurikulum 2013.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:49
Last Modified: 09 May 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59864

Actions (login required)

View Item View Item