PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA WAYANG UNTUK PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS II SD NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA

Wulan, Retno (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA WAYANG UNTUK PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS II SD NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
RETNO WULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Ular Tangga Wayang untuk pelajaran bahasa Jawa yang layak digunakan oleh siswa kelas II SD Surokarsan 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini hanya sampai tahap keempat, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan implementasi (implementation). Subjek uji coba yaitu 25 siswa kelas II dan satu guru kelas II. Kelayakan produk diketahui melalui uji ahli media dan materi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Media pembelajaran Ular Tangga Wayang yang dihasilkan telah layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas II SD materi wayang pandhawa. Kelayakan media Ular Tangga Wayang didasarkan pada ketercapaian kriteria minimal yaitu kategori “baik" yang telah terpenuhi dalam penilaian validasi, uji coba dan siswa. Hasil penelitian pada tahap analisis yaitu menemukan permasalahan perlunya pengembangan media Ular Tangga Wayang dalam pembelajaran bahasa Jawa materi wayang. Hasil tahap desain yaitu mendesain produk awal, mempersiapkan materi dan peraturan pada permainan Ular Tangga Wayang. Hasil dari tahap pengembangan yaitu pembuatan produk dan validasi. Hasil validasi materi mendapat rerata skor akhir 4,78 (sangat baik). Hasil validasi media mendapat rerata skor akhir 4,23 (sangat baik). Hasil tahap implementasi adalah uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan dan penilaian guru. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat rerata skor akhir 4,76 (sangat baik). Hasil uji coba lapangan mendapat rerata skor akhir 4,61 (sangat baik). Hasil penilaian guru mendapat rerata skor akhir 4,76 (sangat baik). Kata kunci: pengembangan media, Ular Tangga Wayang, wayang pandhawa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 17:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59863

Actions (login required)

View Item View Item