UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI SD N 1 KARANGSARI KULON PROGO

Santosa, Panggih Margo (2018) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI SD N 1 KARANGSARI KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
PANGGIH MARGO SANTOSA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas III SD N 1 Karangsari, Kulon Progo. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas III SD N 1 Karangsari, yang berjumlah 28 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan skala sikap. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah tercapainya ≥75% dari keseluruhan siswa berada dalam kategori tinggi dan/atau sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan percaya diri siswa setelah menggunakan metode bermain peran yaitu dari 32,14% siswa ketika pra tindakan menjadi 75% siswa pada siklus I dan menjadi 85,71% siswa yang berada pada kriteria tinggi dan/atau sangat tinggi pada siklus II. Dengan demikian, terdapat peningkatan percaya diri siswa kelas III SD N 1 Karangsari antar siklus pra tindakan, siklus I dan siklus II. Kata kunci: rasa percaya diri, metode bermain peran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59857

Actions (login required)

View Item View Item