PELAKSANAAN PENDIDIKAN ETIKA LALU LINTAS (PELL) DI SD NEGERI JETISHARJO YOGYAKARTA

Pertiwi, Niken Palupi Bela (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN ETIKA LALU LINTAS (PELL) DI SD NEGERI JETISHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Niken Palupi Bela Pertiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program sekolah Pendidikan Etika Lalu Lintas (PELL) dengan mendeskripsikan pelaksanaan program tersebut melalui pengintegrasian pendidikan etika berlalu lintas ke dalam mata pelajaran/tema, pengembangan diri dan budaya sekolah di SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru koordinator program PELL, dan guru kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi display data, reduksi data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk meneliti keabsahan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan telah terlaksana pengintegrasian PELL dalam pembelajaran, diantaranya adalah terdapat Kompetensi Dasar mengenai PELL, RPP mengenai PELL dan guru melakukan penilaian. Selain itu, kegiatan pengembangan diri dilakukan dalam bentuk layanan bimbingan dan ekstrakurikuler untuk menunjang program PELL. Layanan bimbingan dan konseling dalam menunjang PELL dilakukan oleh guru sebagai konselornya untuk selalu mengingatkan siswa untuk tertib dan disiplin, dalam hal ini kaitannya dengan disiplin dan tertib berkendara. Sedangkan ekstarkurikuler yang mengintegrasikan PELL adalah Pramuka. Pada budaya satuan pendidikan terlaksana melalui pembiasaan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian. Pembiasaan dilakukan dengan kegiatan petugas PKS setiap pagi, kegiatan rutin dilakukan melalui senam gerakan lalu lintas setiap Jumat, upacara serta apel yang mendukung PELL. Kegiatan spontan dilakukan saat guru menegur siswa yang tidak menggunakan atribut lengkap berkendara. Sedangkan keteladanan dan pengkondisian dilakukan oleh guru kepada siswa. Kata kunci: pelaksanaan program, Pendidikan Etika Lalu Lintas, studi deskriptif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:49
Last Modified: 30 Jan 2019 17:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59854

Actions (login required)

View Item View Item