PENINGKATAN COLLABORATION SKILL SISWA SEBAGAI KECAKAPAN ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI KOTAGEDE 1

Puspitasari, Nandya (2018) PENINGKATAN COLLABORATION SKILL SISWA SEBAGAI KECAKAPAN ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI KOTAGEDE 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
NANDYA PUSPITASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan collaboration skill siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada siswa kelas IVB SD Negeri Kotagede 1, Yogyakarta. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kammis&Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kotagede 1, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri Kotagede 1 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan tindakan aktivitas guru, lembar observasi aktivitas collaboration skill dan angket collaboration skillsiswa. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI)dapat meningkatkan collaboration skillsiswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya skor capaian aktivitas guru dan aktivitas collaboration skill siswa, serta angket collaboration skill siswa. Skor capaian aktivitas guru pada siklus I sebesar 60% menjadi 92% pada siklus II. Skor capaian observasi aktivitas collaboration skill siswa kategori sangat baik meningkat dari 0% pada siklus I menjadi 86,2% pada siklus II. Skor hasil angket collaboration skill pada siklus I setelah menggunakan Team Accelerated Instruction (TAI), siswa yang masuk dalam kategori memiliki collaboration skill sangat tinggi meningkat dari 34% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II. Kata kunci: team accelerated instruction, collaboration skill

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 17:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59852

Actions (login required)

View Item View Item