Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standards untuk Meningkatkan Keterampilan Planning Carrying Out Investigation dan Pemahaman Crosscutting Concept.

Windriyana, Gustin (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standards untuk Meningkatkan Keterampilan Planning Carrying Out Investigation dan Pemahaman Crosscutting Concept. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gustin-windriyana-16708251018.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis; dan (2) mendapatkan hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran IPA berorientasi Next Generation Science Standards (NGSS) dalam meningkatkan keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan desain pengembangan 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap define meliputi analisis awal, analisi peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi pemilihan format perangkat perangkat pembelajaran, penyusunan instrumen, dan rancangan perangkat pembelajaran. Tahap develop meliputi validasi dosen ahli dan praktisi, uji terbatas, dan uji coba pengembangan serta tahap disseminate yaitu produk perangkat pengembangan disebarluaskan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 3 Tempel. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan desain eksperimen uji coba menggunakan pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik non tes, menggunakan lembar validasi produk, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar respon peserta didik terhadap LKPD, dan (2) teknik tes, menggunakan lembar berupa pilihan ganda untuk keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept. Kevalidan RPP dan LKPD pembelajaran NGSS yang dikembangkan dianalisis secara kualitatif berdasarkan tabel konversi skala 4. Kevalidan instrumen penilaian dianalisis menggunakan Aiken V. Pada uji lapangan, keefektifan perangkat yang dikembangkan dianalisis berdasarkan rata-rata gain score dan signifikansi multivariat dengan MANOVA dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran IPA berorientasi NGSS yang dikembangkan valid dan praktis dengan kategori sangat baik dengan V= 0,92 (2) perangkat pembelajaran NGSS yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept peserta didik dengan menunjukkan hasil yang signifikan, dengan nilai sig. 0.000 pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: NGSS, PCOI, CC
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:39
Last Modified: 09 May 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59849

Actions (login required)

View Item View Item