IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI BHAYANGKARA YOGYAKARTA

Ratnawati, Luluk Agustin (2018) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI BHAYANGKARA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Luluk Agustin Ratnawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi tiga tahap gerakan literasi sekolah di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa, lima guru, pegawai perpustakaan, dan kepala sekolah SD Negeri Bhayangkara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD N Bhayangkara telah melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam tiga tahapan yaitu: 1) tahap pembiasaan GLS berupa kegiatan adanya buku literasi, kegiatan 15 menit membaca yang rutin dilaksanakan setiap hari, adanya poster biografi pahlawan di masing-masing kelas, tersedia sarana prasarana literasi seperti perpustakaan, sudut baca, area baca sekolah, poster kampanye membaca yang mendukung kegiatan literasi, serta ekosistem guru yang literat seperti guru yang sering berkunjung ke perpustakaan, guru ikut dalam kegiatan membaca dalam hati selama 15 menit setiap hari sebagai teladan bagi siswa, guru menggunakan berbagai macam metode dan media, guru menyesuaikan metode dan media dalam kegiatan membaca dengan gaya belajar siswa yang berbeda-beda. 2) tahap pengembangan yang diwujudkan dalam kegiatan koleksi buku pengayaan yang bervariasi, warga sekolah memahami etika berkegiatan dan meminjam bahan pustaka di perpustakaan, kegiatan siswa menanggapi bacaan dengan menuliskan kalimat sederhana di buku literasi, penilaian guru terhadap tanggapan siswa yang bersifat non-akademik serta kegiatan yang mengapresiasi capaian literasi seperti penobatan The Best Reader. 3) tahap pembelajaran diwujudkan dalam kegiatan menanggapi bacaan dalam bentuk aktivitas lisan, tertulis, seni dan kriya, adanya portofolio hasil karya literasi siswa yang digunakan untuk penilaian akademik, serta adanya variasi strategi membaca seperti membaca dalam hati dan membaca nyaring untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Kata kunci: Program Literasi Sekolah, Implementasi Program Literasi Sekolah, SD N Bhayangkara

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59848

Actions (login required)

View Item View Item