Cristy, Lorensa (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI IPS KELAS V DI SD NEGERI BERBAH 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Lorensa Cristy.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan think pair and share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi IPS kelas V di SD Negeri Berbah 2. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan nonequivalent control group design.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Berbah 2 dengan subjek penelitian siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 61 siswa.Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif dan variabel bebas yaitu model pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah gain score. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif pada kondisi akhir kelas eksperimen sebesar 85,17 sedangkan kelas kontrol 75,48. Hasil gain score pada kelompok kontrol dan eksperimen yaitu 0,506>0,213 sehingga dinyatakan bahwa kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki perubahan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi IPS kelas V SD Negeri Berbah 2. Kata kunci: model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran think pair and share (TPS), hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 03:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59847 |
Actions (login required)
View Item |