PENGARUH MANAJEMEN DIRI DAN KONTROL DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN SAMIGALUH

Sari, Lisna Nofia (2018) PENGARUH MANAJEMEN DIRI DAN KONTROL DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN SAMIGALUH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lisna Nofia Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh manajemen diri terhadap kemandirian belajar secara parsial; 2) mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kemandirian belajar secara parsial; dan 3) mengetahui pengaruh manajemen diri dan kontrol diri terhadap kemandirian belajar secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 397 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 197 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Skala psikologi ini diuji cobakan kepada 162 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan koefisien korelasi aitem total terkoreksi, dan reliabilitas menggunakan rumusalpha cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) manajemen diri berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar 47,6047%; 2) kontrol diri bepengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar 20,6953%; dan 3) manajemen diri dan kontrol diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan sebesar 68,3%. Kata kunci: manajemen diri, kontrol diri, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59846

Actions (login required)

View Item View Item