HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS KUSUMA KECAMATAN KARANGANYAR KEBUMEN

Turmiyati, Lis (2018) HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS KUSUMA KECAMATAN KARANGANYAR KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lis Turmiyati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerimaan teman sebaya dengan konsep diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 di SD se-Gugus Kusuma Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Gugus Kusuma Kecamatan Karanganyar yang berjumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi. Uji validitas menggunakan judgement expert dan analisis butir instrumen, Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha, instrumen peer acceptance memiliki koefisien alpha cronbach sebesar 0,838 dan instrumen konsep diri yaitu 0,824. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variable penerimaan teman sebaya dengan konsep diri siswa. Variabel penerimaan teman sebaya termasuk dalam kategori sedang sebesar 64,13% dan konsep diri siswa juga berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 61,95%. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,553. Hal ini menunjukkan bahwa faktor penerimaan teman sebaya memberikan sumbangan sebesar 55,3% terhadap konsep diri, sedangkan selebihnya yaitu, 44,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Besarnya koefisien korelasi adalah 0,743 yang berarti korelasi variabel X dan Y tergolong kategori sangat kuat. Kata kunci:penerimaan teman sebaya, konsep diri, SD se-Gugus Kusuma Kecamatan Karanganyar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59844

Actions (login required)

View Item View Item