PENGARUH MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KUSUMA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN

Murtiningsih, Lia (2018) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KUSUMA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lia Murtiningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD se-Gugus Kusuma Kecamatan Karanganyar, Kebumen. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD se-Gugus Kusuma yang berjumlah 101 siswa dari lima sekolah dasar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan minat baca terhadap hasil belajar IPS dengan signifikansi 0.000 (< 0.05). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,118 yang berarti bahwa minat baca memberikan kontribusi 11,8% terhadap hasil belajar IPS dan selebihnya 88,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Besarnya koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,343 pada rentang+0,30- +0,49 yang berarti korelasi variabel X dan Y termasuk hubungan positif kategori sedang. Ditemukan bahwa minat baca siswa kelas V SD se-Gugus Kusuma termasuk dalam kategori sedang sebesar 50,50%, sedangkan hasil belajar IPS siswa berada dalam kategori baik sebesar 71,29% Kata kunci: minat baca, hasil belajar IPS, SD se-Gugus Kusuma Kecamatan Karanganyar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59843

Actions (login required)

View Item View Item