PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI WONOSARI IV GUNUNGKIDUL

Saputri, Kiky Alviona Prita (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI WONOSARI IV GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kiky Alviona Prita Saputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Wonosari IV dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Model ini terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, tindakan& observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Wonosari IV yang berjumlah 20 siswa dan guru kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Indikator keberhasilan dari tindakan ini yaitu apabila sekurang-kurangnya 75 % siswa kelas VI SDN Wonosari IV mengalami ketuntasan hasil belajar minimal 75. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan langkah- langkah picture and picture dengan perbaikan pada siklus II yaitu siswa mendengarkan kompetensi yang akan dicapai, mendengarkan materi pengantar yang disampaikan guru, sesekali guru mmanggil siswa dan mengajukan pertanyaan, siswa mengamati beberapa gambar terkait materi, dengan bantuan guru siswa dibagi menjadi kelompok- kelompok kecil dan mengatur tugas anggota dalam setiap kelompok, siswa menerima LKS dan gambar-gambar yang harus diurutkan, siswa berdiskusi mengerjakan LKS dan menerima bantuan dari guru, bergantian mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan batas waktu yang disediakan, siswa dengan bantuan guru menemukan konsep dari materi yang dipelajari, dan menyimpulkan/ merangkum materi. Hasil penelitian menunjukkan pada pra tindakan, siswa yang hasil belajaranya memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 8 anak atau sebesar 40%. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 13 anak atau sebesar 65%, selanjutnya pada siklus II, siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 17 anak atau 85%. Peningkatan juga diikuti dengan meningkatnya kerjasama antar siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SDN Wonosari IV Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, picture and picture, hasil belajar siswa, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59842

Actions (login required)

View Item View Item