STUDI KASUS PERILAKU ANAK OPPOSITIONAL DEFIANT DISORDER KELAS LIMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA

Rochmah, Khanifatur (2018) STUDI KASUS PERILAKU ANAK OPPOSITIONAL DEFIANT DISORDER KELAS LIMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Khanifatur Rochmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku anak Oppositional Defiant Disorder(ODD) kelas lima di SD N Panggang Sedayu, Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah seorang anak laki-laki bernama ASH yang duduk di bangku kelas lima. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan sosiometri. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan ASH berlatar belakang seorang anak laki-laki dan memiliki ayah yang berprofesi sebagai wiraswasta. Pemicu perilaku Oppositional Defiant Disorder (ODD) muncul adalah sifat yang mudah tersinggung, masa transisi, ketidakstabilan sekolah, dan tidak mendapatkan apa yang diinginkan. ASH memiliki tiga perilaku Oppositional Defiant Disorder (ODD) yaitu pembangkangan/penantangan, perilaku negatif, permusuhan dan agresi verbal. Tiga perilaku Oppositional Defiant Disorder (ODD) tersebut memenuhi kriteria konstan, berlebihan, mengganggu, diarahkan kepada otoritas seperti teman, guru, dan aturan, serta telah berlangsung lebih dari enam bulan. Waktu muncul perilaku Oppositional Defiant Disorder (ODD) dapat terjadi kapan saja. Tempat perilaku Oppositional Defiant Disorder (ODD) muncul dapat terjadi di dalam kelas dan di luar kelas, tetapi lebih sering terjadi di dalam kelas. Selain itu, dapat juga terjadi saat kelas tenang ataupun gaduh, tetapi lebih sering terjadi saat gaduh. Sasaran perilaku ASH diarahkan kepada orang dewasa, teman sebaya, dan peraturan. Kata kunci : studi kasus, perilaku oppositional defiant disorder (ODD), anak kelas lima, Sekolah Dasar Negeri Panggang Sedayu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59841

Actions (login required)

View Item View Item