PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP FPB DAN KPK MELALUI MEDIA DAKON BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SD N PABELAN 3 MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

As’ari, Irkaman Ahmad (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP FPB DAN KPK MELALUI MEDIA DAKON BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SD N PABELAN 3 MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
IRKAMAN AHMAD AS'ARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konsep FPB dan KPK melalui media dakon bilangan pada siswa kelas IV SD N Pabelan 3 Mungkid Kabupaten Magelang. Siswa dapat lebih memahami konsep FPB dan KPK melalui penggunaan media dakon bilangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart.Penelitian ini menggunakan penelitian kolaboratif, yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas untuk mengkaji permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD N Pabelan 3 Mungkid Kabupaten Magelang melalui penggunaan media dakon bilangan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2017/2018, bulan April sampai dengan bulan Mei. Subjek penelitian ini sebanyak 27 orang yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar konsep FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD N Pabelan 3. Sebelum tindakan presentase ketuntasan siswa (14,81%). Pada siklus I presentase ketuntasan siswa (74,07%). Pada siklus II presentase ketuntasan siswa (81,48%). Peningkatan hasil belajar siswa pada pra tindakan dengan nilai rata-rata 50,37 dan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77,78. Kemudian meningkat pada siklus II yaitu 83,33. Dengan demikian, hasil penelitian ini telah sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu ≥ 75% dari jumlah keseluruhan siswa kelas IV mencapai nilai ketuntasan 70. Kata kunci: media dakon bilangan, hasil belajar FPB dan KPK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59840

Actions (login required)

View Item View Item