PENANAMAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD N IROYUDAN, PAJANGAN, BANTUL

Agustina, Imas Sari (2018) PENANAMAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD N IROYUDAN, PAJANGAN, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
IMAS SARI AGUSTINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter kedisiplinan siswa kelas IV SD N Iroyudan, Pajangan, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kelas IV SD N Iroyudan Bantul dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru di kelas IV, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan komponen analisis data konsep Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter kedisiplinan di kelas IV SD N Iroyudan Bantul dilakukan melalui program pengembangan diri melalui kegiatan rutin meliputi guru menghimbau siswa datang ke sekolah sebelum pukul 07.00, mengajak siswa berdoa sebelum dan sesudah belajar, meminta mengumpulkan tugas tepat waktu, menghimbau siswa piket sesuai jadwal, mengucapkan salam bila bertemu orang lain, mengingatkan siswa untuk mengenakan pakaian rapi dan lengkap, dan menghimbau siswa mengikuti upacara bendera hari Senin. Kegiatan spontan meliputi menegur siswa yang ramai, memberikan pengenalan aturan bagi siswa yang melanggar, memberikan nasihat maupun pesan moral, memberikan hukuman kepada siswa yang ramai dengan teguran atau peringatan, menegur siswa yang berpakaian tidak seragam, menghimbau siswa yang membuang sampah sembarangan, melerai siswa yang bertengkar, menegur siswa yang berkata tidak sopan, menegur jika ada yang mencoret-coret fasilitas sekolah. Keteladanan meliputi guru menjadi contoh dengan bersikap baik, berjabat tangan ketika sampai di sekolah, memberi penjelasan jika datang terlambat ke sekolah, memberi contoh untuk menghormati tamu yang datang ke sekolah, berpakaian rapi dan sopan, mengikuti upacara pada hari Senin, berbicara sopan, dan tidak membolos saat mengajar. Pengkondisian meliputi larangan membuat kegaduhan di kelas, menjaga toilet agar tetap bersih, menyediakan tempat sampah, menempelkan slogan-slogan, menempelkan aturan di kelas, dan menyediakan alat kebersihan. Kata kunci : Penanaman nilai, nilai kedisiplinan, pengembangan diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59839

Actions (login required)

View Item View Item