PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KERTU MANEKA WARNA AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI SINDUADI I YOGYAKARTA

Suryaningrum, Hidayati (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KERTU MANEKA WARNA AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI SINDUADI I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
HIDAYATI SURYANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran papan kertu maneka warna aksara Jawa untuk siswa kelas V SD Negeri Sinduadi I Yogyakarta yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Empat langkah pengembangan yang dilakukan adalah pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Subjek uji coba penelitian yaitu 21 siswa kelas VA SD Negeri Sinduadi I untuk kelompok besar dan 5 siswa untuk kelompok kecil. Kelayakan produk diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran papan kertu maneka warna aksara Jawa untuk siswa kelas V yang terdiri atas 5 komponen, yaitu papan maneka warna, kertu maneka warna aksara Jawa, kertu ukara aksara Jawa, kertu ukara aksara latin, kertu evaluasi dan buku panuntun. Media ini termasuk dalam jenis media sederhana presentasi visual. Materi pembelajaran yang disajikan mencakup aksara legena, sandhangan, dan pasangan aksara Jawa, serta dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan soal evaluasi. Materi yang dikembangkan sesuai dengan kompetensi pada Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Jawa materi aksara Jawa, media ini dapat digunakan secara mandiri maupun dengan bimbingan, dan sesuai dengan tahapan pekembangan siswa kelas V SD yaitu operasional konkret. Kualitas dan kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan diketahui melalui validasi materi, validasi media dan uji coba produk. Hasil validasi materi mendapat rerata skor akhir 4,93 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi media mendapat rerata skor akhir 4,94 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat rerata skor 4,40 dengan kategori baik dan hasil uji coba kelompok besar mendapatkan rerata skor 4,26 dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran papan kertu maneka warna aksara Jawa layak untuk pembelajaran. Kata kunci: pengembangan media, papan kertu maneka warna, aksara Jawa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59836

Actions (login required)

View Item View Item