PENGEMBANGAN MODUL MIKROKONTROLER BERBASIS ARDUINO UNO MATA PELAJARAN DASAR PEMROGRAMAN KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI

Udin, Udin (2018) PENGEMBANGAN MODUL MIKROKONTROLER BERBASIS ARDUINO UNO MATA PELAJARAN DASAR PEMROGRAMAN KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
6. Naskah Full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Mikrokontroler Berbasis Arduino Uno yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Pemrograman Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Saptosari dan mengetahui kelayakan Modul Mikrokontroler Berbasis Arduino Uno yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Pemrograman Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Saptosari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) versi Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Anik Ghufron. Metode R&D ini melalui empat tahapan: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan; 3) uji lapangan; dan 4) diseminasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala Likert model empat pilihan. Modul Mikrokontroler Berbasis Arduino Uno divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan kepada sembilan peserta didik kelas X Audio Video A dan tiga puluh peserta didik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video B di SMK Negeri 1 Saptosari. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Modul Mikrokontroler Berbasis Arduino Uno sebagai bahan ajar Mata Pelajaran Dasar Pemrograman Kelas X. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, dan evaluasi dengan total 121 halaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini mendapat rerata skor setelah divalidasi oleh ahli materi sebesar 3,56 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, oleh ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,43 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dan dari uji lapangan mendapat rerata skor sebesar 3,65 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan dari hasil validasi ahli dan uji lapangan tersebut maka modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Pemrograman.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Muhammad Munir, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: mikrokontroler, arduino uno, dasar pemrograman
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59834

Actions (login required)

View Item View Item