PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV SD MODEL SLEMAN YOGYAKARTA

Pamungkas, Fitri Dyah (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV SD MODEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fitri Dyah Pamungkas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika kelas IV SD Model Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental, dengan design untreated control group design with pretest and posttest. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Model Sleman Yogyakarta yang terdiri dari kelas Eksperimen (25 siswa) dan kelas kontrol (24 siswa). Obyek penelitian yaitu kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk uraian dan lembar observasi. Validitas instrumen melalui expert judgment dan validitas secara empirik. Teknik analisis data menggunakan analisis data inferensial guna menguji hipotesis dengan menggunakan t-test independent dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Diperoleh nilai rata-rata pada pre-test kelompok eksperimen sebesar 66,00 dan nilai post-test sebesar 83,54. Pada Kelompok kontrol rata-rata pada pre-test sebesar 69,53 dan nilai post-test sebesar 77,42. Hal ini juga didukung oleh hasil uji gain yang menunjukkan kelas eksperimen sebesar 0,51 pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,25 pada kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:18
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59826

Actions (login required)

View Item View Item