Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Fisika Model Guided Inquiry Berbantuan e-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA

Zain, Arif Rahmat (2018) Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Fisika Model Guided Inquiry Berbantuan e-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-rahmat-zain-16726251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangakan SSP fisika model pembelajaran guided inquiry berbantuan e-learning yang layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan penilaian ahli; (2) mengetahui keefektifan SSP fisika model guided inquiry berbantuan e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development, R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Uji coba Luas produk SSP yang dikembangakan menggunakan Penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 105 peserta didik dari tiga kelas XI IPA SMAN 1 Bolo. Data dikumpulkan dengan metode pemberian test dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran, tes kemampuan berpikir kritis, tes keterampilan proses sains aspek kognitif, dan lembar observasi keterampilan proses sains aspek psikomotor. Data dianalisis dengan uji manova dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui pengaruh SSP yang dikembangkan terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa SSP fisika model guided inquiry berbantuan e-learning layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains berdasarkan penilaian ahli terhadapap RPP, LKPD, dan lembar penilaian peserta didik, SSP fisika model guided inquiry berbantuan e-learning efektif untuk meningkatakan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan hasil uji manova dengan nilai sig. yang kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: subject specific pedagogy, guided inquiry, e-learning, berpikir kritis, proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:06
Last Modified: 21 Nov 2023 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59822

Actions (login required)

View Item View Item