PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS III B SD MUHAMMADIYAH PANDES

Azizah, Fika Nur (2018) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS III B SD MUHAMMADIYAH PANDES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fika Nur Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri pada siswa kelas III B SD Muhammadiyah Pandes dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini dilakukan berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian siswa kelas III B yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, skala, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, skala Likert sikap percaya diri, dan kamera. Teknik analisis data dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan sikap percaya diri pada siswa kelas III B SD Muhammadiyah Pandes pada pelajaran IPS. Sikap percaya diri ini dapat meningkat karena penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan langkah-langkah dari Hamdayama. Peningkatan sikap percaya diri ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukan peningkatan 77% siswa berkategori tinggi dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa kelas III B SD Muhammadiyah Pandes pada pelajaran IPS. Kata kundi: sikap percaya diri, Snowball Throwing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59819

Actions (login required)

View Item View Item