Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem Solving Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar dan Self Confidence Siswa SMP Kelas VIII

Kunhertanti, Kunny (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem Solving Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar dan Self Confidence Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kunny-kunhertanti-16709251060.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan problem solving yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan yang dilakukan meliputi: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation ,dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII F dan guru matematika di SMP Santa Maria Immaculata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, angket respon siswa, soal tes prestasi belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket self confidence siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru dan siswa minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika proporsi siswa yang mencapai KKM minimal 75% berdasarkan tes prestasi belajar dan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi 75% berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah dan angket self confidence siswa. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP dan LKS yang menggunakan pendekatan problem solving berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah, prestasi dan self confidence siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran juga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket self confidence belajar siswa. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa 83% siswa mempunyai kemampuan pemecahan masalah minimal kategori baik. Hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa 83% siswa telah mencapai nilai KKM lebih dari 75%. Hasil penilaian angket self confidence menunjukkan bahwa 80% siswa mencapai kategori minimal tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran matematika, pendekatan problem solving, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, self confidence siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:37
Last Modified: 09 May 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59818

Actions (login required)

View Item View Item