Estimasi Kemampuan Siswa dan Parameter Butir Soal Matematika pada Ujian Nasional SMA Program IPA dengan Penskoran Dikotomus dan Politomus

Syam, Andi Sri Mardiyanti (2018) Estimasi Kemampuan Siswa dan Parameter Butir Soal Matematika pada Ujian Nasional SMA Program IPA dengan Penskoran Dikotomus dan Politomus. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi-sri-mardiyanti-syam-16701251031.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan parameter butir soal Matematika pada UN SMA/MA Program IPA tahun 2016/2017 dengan penskoran dikotomus dan politomus, 2) mendeskripsikan kemampuan siswa pada UN Matematika SMA/MA Program IPA tahun 2016/2017 dengan penskoran dikotomus dan politomus, 3) menentukan model penskoran yang paling cocok (fit) dalam mengestimasi parameter butir dan kemampuan siswa pada pada UN Matematika SMA/MA Program IPA tahun 2016/2017, 4) mendeskripsikan perbedaan hasil estimasi kemampuan siswa dan parameter butir soal Matematika pada UN SMA/MA Program IPA tahun 2016/2017 dengan penskoran dikotomus dan politomus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi soal UN Matematika SMA Program IPA tahun 2016/2017 dan pelaksanaan tes dengan paket soal terpilih untuk mendapatkan respon siswa. Data set yang digunakan berupa respon dari 1227 siswa kelas XII IPA di Kabupaten Bone. Data respon dengan penskoran dikotomus dianalisis menggunakan pendekatan teori respon butir dengan program BILOG-MG sedangkan untuk penskoran politomus dianalisis menggunakan program PARSCALE guna mendapatkan informasi tentang tingkat kesukaran, daya beda, pseudo-guessing, kecocokan butir, estimasi kemampuan siswa, fungsi informasi dan kesalahan baku pengukuran. Hasil penelitian menginformasikan pada UN SMA program IPA tahun 2016/2017 di Kabupaen Bone bahwa 1) parameter butir soal Matematika dengan penskoran dikotomus menunjukkan 17 dari 40 butir (42,5%) memiliki kriteria butir baik dan parameter butir soal Matematika dengan penskoran politomus menunjukkan 15 kelompok butir (100%) memiliki kriteria butir baik, 2) kemampuan siswa dengan penskoran dikotomus dan politomus masing-masing tergolong sedang yang ditunjukkan oleh mean ability sebesar -0,060 dan -0,002, 3) model penskoran yang paling cocok (fit) dalam mengestimasi kemampuan siswa dan parameter butir soal matematika adalah model 3-PL untuk penskoran dikotomus dan GPCM untuk penskoran politomus, 4) hasil estimasi kemampuan siswa dan parameter butir soal Matematika pada UN SMA/MA Program IPA tahun 2016/2017 dengan penskoran politomus lebih baik dibandingkan dengan penskoran dikotomus.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: estimasi kemampuan, model penskoran, parameter butir, teori respon butir
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:27
Last Modified: 09 May 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59817

Actions (login required)

View Item View Item